Rabu, 30 Maret 2016

Kesenjangan "Sosial" Dalam "Media Sosial"

INSTAGRAM? what's wrong?


Bismillahirohmanirokhim.

sosmed medsos sosial media media sosial atau apalah orang menyebutnya 
penting kah? ga perlu di jawab !
disini saya akan beropini melalui tulisan saya dg cara saya, dan argumen saya adl yg paling dewa, tak bisa di sangkal karena 100% kebenaranya, setidaknya itu menurut saya hahahahaha.
karena kalo ga percaya sama diri sendiri mau percaya sama siapa lagi ? ha? sekali lagi ga perlu di jawab !

akhir-akhir ini saya sering resah, entah sebabnya apa kurang jelas, absurd gimana gitu, ga ada apa-apa tiba-tiba badmood, bete, serangan jantung, hepatitis, diabetes dll.
setelah saya menyelidiki diri saya sendiri ternyata saya adalah saya, hahaha.

cukup sekian basa basinya karena sekarang saya akan membahas sesuatu yg berat, yg bahkan dunia belum memecahkan misterinya, yaitu pembunuh presiden amerika ke 35 John F. Kennedy.
yang bener ? ya enggak lah !
udah ah bercandanya, saya emang gitu kalo bercanda suka serius :D

kenapa saya mengetik kepala judul di atas dg beberapa karakter yg membentuk sebuah kalimat apabila yg di baca menjadi kata instagram (?)
karena Instagram akan menjadi wakil sosial media dari sekian banyak sosial media yg akan saya kritik !
bukan apa-apa hanya saja karena instagram sedang naik daun, dulunya ia cuma di tanah, terus sempet di batang beberapa lama, sekarang dah sampe daun deh *asu
sekarang instagram sedang menjadi favorit khususnya di kalangan anak muda.
instagram sendiri adl sebuah sosial media yg mengedepankan sebuah foto dan video yg di unggah untuk di nikmati khalayak ramai.
maka dr itu semakin beragam para user si instagram ini, mulai dr cabe cabean yg mulutnya merah-merah kaya abis kejepit angkot, sampai para fotografer handal pun juga maenan instagram.

tujuan maen instagram : 

1.BERKARYA



semua orang berhak untuk berkarya, dan foto adalah media yg di era global ini menjadi opsi mudah di liat dr perkembangan teknologinya, apalagi semakin banyak wadah untuk menampung sebuah karya melalui foto.
salah satunya yaitu si instagram ini, dan yg paling penting foto adl karya yg di terima oleh segala kalangan, entah itu dr segi fotonya emang bagus, yg ngambil foto emang tangan pinter (profesional), atau udah di edit sedemekian sadis hingga memanipulasi para followernya.
yg jelas untuk alasan ini adalah alasan paling masuk akal dan hukumnya yaitu mubah hahahahaha


2.NARSIS





untuk definisi narsis searching sendiri gih di google. 
tp menurut versi saya yg asal-asalan karena pengetahuan saya juga di dapat dg cara random. 
menurut saya narsis dalam instagram identik dg foto selfie, lagi-lagi anda harus tanya mbah gugel lagi untuk tau apa arti yg tepat untuk sebuah kata selfie.
para penggunaa ini sering banget dan hampir tiap hari bahkan  tiap jam mereka foto-foto, kemudian di ekspos lewat smartphone yg lebih smart dr pemiliknya.
untuk yg nomer 2 ini banyaknya si para user alay, tp gppa selagi ga merugikan orang lain dan tidak merusak hubungan internasional, why not?

3.PAMER






untuk yg satu ini adl jenis user instagram yg paling menjijikan alias njelei.
karna demi dinosaurus buntung, orang yg pamer adl orang yg tidak akan pernah memiliki tempat di daftar orang-orang keren, what the fuck man !!
mentang-mentang maen instagram punya apa aja yg identik dg kemewahan di foto, terus di aplut, biar apa njing? 
kalo pamer pemandagan pas lagi piknik si itunganya masih masuk kategori karya, kalo foto rame-rame itu menunjukan kebersamaan , la kalo selfie bareng perhiasan tetangga? barokah yg mau di ambil apa?
selfie di dalem mobil rentalan, terus captionya (otw) ndasmu !!
duit buat bayar tagihan listrik ama air di foto di aplut bilangnya baru gajian, sikak !! 

4.BISNIS/KOMERSIAL


untuk yg nomor ini mungkin dulunya mereka anak penjualan, atau emang faktor keturunan karena orang tuanya penjual narkotika, LOH (????) *justkid hehe.
kadang seneng juga liat anak muda yg semangat juang bisnisnya tinggi, termasuk memanfaatkan instagram untuk jualan, tp ada sebelnya juga si.
kita lagi baca komenan salah satu publik figur dg background foto landscape kerenya tiba-tiba ada akun penjual masuk dan ngedumel gak nyambung sama sekali, jualan celana dalam lah, leging macan, ampe tuyul secound di tawarin, pake embel-embel kalo ga cek katalog kita nyesel, serius lo? gila ! 
sekalian aja kalo ga follow bakal masuk neraka hahahaha
dan sebenarnya masih banyak lagi jenis user instagram, seperti akun yg mengudakasi maupun informatif, ibarat seekor ayam, ada tembeleknya juga ada telurnya, begitu analoginya.

tak lepas dari opini saya yg sedikit emosi namun tidak iri, semua itu hanya pebdapat saya yg berbau subjektif.
tp ya mau gimana lagi namanya juga hidup, bermacam lah para penghuninya.

sebenarnya inti dr tulisan ini bukan jenis-jenis pengguna instagram, tp soal kesenjanganya
kenapa ada kesenjanganya? dan siapa yg menciptakan?

kesenjangan di instagram terjadi karena nafsu, yap nafsu alias syahwat.
coba perhatikan siapa yg cantik dia yg ribuan followernya, setelah itu dia kebanjiran job alias iklan, bermodalkan cantik dapet duit  siapa yg ga mau coba, banyak yg muji yg ngrayu yg modus ini itu dan omong kosong lainya, tp walaupun ga di tanggepin, tp para cewe yg di puja bagai dewa itu juga bangga lo, ampe keberaten kepala, saking gedenya kepala mereka, helm mereka aja udah ga muat di pake hahahaha.
padahal ribuan followernya itu mayoritas otaknya di selangkangan, termasuk saya :) 
sedangkan yg jelek? hahahaha sadis
yg jelek cuma bisa ngelove ga jelas di timeline, ama ngemis folbek, ada yg ngelove balik apalagi komen itu udah seneng banget, udah bersukur ga di blok, bahkan yg bikin miris temen yg memang kenal di dunia nyata kalo ama yg jelek ga di folbek lo, kejamnya sosial media  hahaha

tp gppa lah berbesar hati aja buat kalian yg menjadi looser di instagram atau sosial media lainya, karena yg namanya sosial media hanyalah eksistensi semu, agama juga ga ngewajibin banyak followernya kok, silahkan menghibur diri hahaha
yg penting di dunia nyata kalian itu berguna, mulai dr langkah kecil dulu, di keluarga bermanfaat, kemudian di lingkungan juga ngasih konstribusi positif, setidaknya banyak hal yg baik yg di lakuin insya allah hidup varokah.
karena kalian tidak hidup di dunia maya, buktikan bahwa dunia nyata itu lebih indah !!

trimakasih yg udah membuang waktunya untuk membaca tulisan ini, maaf sudah menyia nyiakan hidup kalian 
dan apabila ada yg merasa tersinggung saya nggak peduli hahahaha.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

DATANG PAS BUTUHNYA DOANG

Sedikit meluapkan tentang apa yg sudah lama saya resahkan. Menyoal relasi antara manusia dengan manusia Tentang realitas yang banyak terj...